PDAM MoU dengan IAINU Soal KKL Tematik

PDAM Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen melaksanakan kerja sama dengan Institut Agama Islam Nahdhatul Ulama (IAINU) Kebumen. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Direktur PDAM Zein Mustain dengan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Mukhsinun, Rabu (06/09/2017) di IAINU Kebumen.

Kerja sama ini berkaitan dengan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa  (FEBI) IAINU Kebumen di PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen. Nantinya, akan ada dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 2 mahasiswa FEBI akan melaksanakan kuliah praktik di PDAM Tirta Bumi Sentosa selama dua bulan mulai 11 September-11 November 2017.

Ini untuk memberikan pengetahuan praktis kepada mahasiswa, sebagai kerangka penelitian bagi mahasiswa terkait permasalahan dengan teori, dan bentuk pengabdian masyarakat sebagaimana Tri Dharma perguruan tinggi,” ungkap Mukhsinun usai kegiatan.

Rektor IAINU Kebumen Imam Satibi mengungkapkan, link and mauch antara perguruan tinggi, dunia usaha dan pemerintah dalam konsep triple helix harus dibangun secara terpadu dan terkoneksi. Sebagai basis ilmu pengetahuan, perguruan tinggi harus bisa melahirkan inovator yang bisa menuntun dan memandu perubahan peradaban. Untuk itu kerjasama secara terpadu antara 3 elemen itu menjadi keniscayaan.

KKL tematik triple helix diharapkapkan akan memperkuat mutu lulusan yang dapat diterima pasar sesuai tuntutan pasar kerja,” katanya.

Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Zein Mustain mengungkapkan, hal ini sebagai bentuk nyata kepedulian PDAM dalam peningkatan SDM dan pendidikan dengan praktik langsung mengelola perusahaan secara profesional. Hal ini juga untuk meningkatkan keilmuan dan keterampilan dalam sistem pengembangan dan pengelolaan air minum untuk menambah wawasan keilmuan antara teori dan praktik mahasiswa.

Dijelaskannya, mahasiswa akan masuk seperti jam kerja kantor mengikuti jam kerja perusahaan dari pukul 07.30 sampai 16.00 WIB. Mahasiswa akan mendapat bimbingan langsung dari PDAM tidak hanya pelayanan kepada masyarakat atau hubungan pelanggan saja, tetapi juga diberikan praktik laporan keuangan perusahaan, SDM dan Umum serta Operasional dan Teknik.

Mahasiswa KKL selain praktik di kantor pusat juga diberi kesempatan praktik di unit-unit PDAM atau di Instalasi Pengolahan Air PDAM di Kabupaten Kebumen,” terangnya. Suber sorot kebumen