Kegiatan Mahasiswa

SET 1 (Sharia Economic Training 1)

Forum Ngaji Ekonomi Islam (For-NEI) merupakan organisasi kemahasiswaan resmi di Institut Agama Islam Nahlutul Ulama Kebumen (IAINU) yang berfungsi sebagai wadah bagi para mahasiswa ekonomi syariah untuk dapat mengkaji dan mengaktualisasi ilmu ekonomi Islam secara komprehensif dan mendalam, sebagai media penyaluran dan pengembangan kreativitas mahasiswa, dan sebagai wadah untuk menghimpun senergisitas dalam memberikan kontribusi kepada kampus dan masyarakat secara luas

Dalam sebuah organisasi kaderisasi mempunyai peran yang sangat penting. Dalam kaderisasi itu sendiri, bukan hanya perihal perekrutan saja melainkan berbagai proses panjang sehingga mencapai pada kader yang sesuai dengan tujuan sebuah organisasi. Sebuah proses peradaban tidak akan pernah terlepas dari sebuah proses regenerasi, karena proses regenerasi ini adalah sunnatulloh yang pasti akan terjadi dimuka bumi ini.

Forum Ngaji Ekonomi Islam berusaha melakukan pengkaderan dengan mengadakan Sharia Ekonomic Training 1 (SET 1) dan Pelantikan Kepengurusan. Dalam kegiatan ini lebih menekankan kepada pemahaman nilai ekonomi Islam yang merajut Ukhuwah dalam dakwah bernuansa Ilmiah. Set 1 adalah salah satu kegiatan pengkaderan dalam kelompok study ekonomi Islam, yang kegiatannya berisi diskusi tentang beberapa tema di ekonomi syariah (masih dasar) dan juga dalam kegiatan set 1 kita bisa menjalin hubungan persaudaraan yang lebih akrab lagi dan kegiatan set 1 juga berisi pembaiatan anggota baru di KSEI.

 

NGUMBE (Ngaji Umum Mbahas Ekonomi)

Ngumbe adalah kegiatan kajian rutin dua minggu sekali dengan pembahasan mengenai ekonomi islam dan isu-isu terkini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan intelektual keilmuan tentang masalah-masalah ekonomi syariah yang terjadi. Dan diharapkan anggota KSEI dapat lebih memahami teori-teori ekonomi islam lebih mendalam dibandingkan mahasiswa lainnya. Pemateri dalam kegiatan ini beragam, kadang dari Dosen Febi IAINU Kebumen terkadang juga dari badan pengurus harian KSEI itu sendiri. dan selain dari kedua itu dari badan pengurus harian KSEI juga berencana untuk mengundang praktisi atau relasi dari luar agar kajian ini terasa lebih menakjubkan.

Tema-tema yang diangkat dalam kajian juga bermacam-macam bisa tentang isu-isu ekonomi yang sedang trending ataupun juga tentang teori dasar ekonomi syariah itu sendiri. ada beberapa masukan tema dari dosen dan juga anggota KSEI yang rencanya juga akan diangkat dalam kegiatan Ngumbe ini. Kegiatan biasanya dilaksanakan didalam kampus karena untuk memudahkan anggota KSEI agar tidak susah berkumpul dan mengikuti kegiatan ini. Untuk waktu kegiatan dari kami bersepakat untuk melaksanakan kegiatan ini dihari rabu dan dilaksankan dua minggu sekali, setiap akhitr bulan kami juga mengadakan ujian atau postest yang bertujuan untuk mengetahui apakah kajian ini bisa sudah maksimal terencana dan dapat memnuhi tujuan diagendakan kajian ini atau belum.

 

Seminar Entrepreneur bersama pembicara Mr. Syafi’i Efendi, S.E.,M.M. di Hotel Mexolie

Kelompok Studi Ekonomi Islam For-NEI Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen telah mengadakan Seminar Entrepreneurship yang diadakan di Hotel Mexolie, Kebumen. Seminar ini bertemakan The winner of Mindset and Entrepreneur dan mendatangkan Mr. Syafi’i Efendi, S.E., M.M yang merupakan Pengusaha Muda, Rektor Universitas Halim Sanusi Bandung sekaligus Motivator Muda No. 1 Indonesia. Tujuan dari seminar ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan generasi muda ditengah sempitnya lampangan pekerjaan dan tantangan di era digitalisasi ini. Selain itu, seminar ini juga bertujuan untuk  membangun semangat social preneur serta membuka mindset generasi muda agar dapat mendedikasikan kiat-kiat jiwa pemenang dalam kewirausahaan.

Seminar ini ditujukan untuk umum, baik mahasiswa ataupun siswa SMA/SMK. Seminar ini dihadiri oleh 145 Peserta, 10 Tamu Undangan termasuk Dandim Kodim, Pelaku Usaha di Kebumen serta jajaran Civitas Akademik IAINU Kebumen. Dalam seminar ini kita juga bekerja sama dengan Wimnus DPD Jateng yang merupakan organisasi eksternal yang dibawahi oleh Mr. Syafi’i Efendi, S.E., M.M. Kegiatan seminar ini dimulai dengan registrasi peserta dan pembagian snack di depan. Setelah mendaftar peserta dipersilahkan masuk di runag Seminar. Kemudian seminar dibuka oleh MC yaitu Saudara Mohammad Agung Saputro sekaligus membacakan sponsorship dari seminar ini. Dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia yaitu Saudara Adam Surya setelah itu sambutan dari Bapak Dekan FEBI yaitu Bapak Mukhsinun, S.H.I., M.E.I, dilanjutkan sambutan dari Rektor IAINU Kebumen yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yaitu Bapak Dr. Fikria Najitama, M.S.I. Setelah itu dilanjutkan sambutan dari Bupati Kebumen yang diwakili Asisten 2 yaitu Bapak Nugroho Nur Waluyo sekaligus membuka acara Seminar Entrepreneur.

Selanjutnya pemberian kenang-kenang kepada pembicara berupa Plakat yang diberikan langsung oleh Presiden KSEI For-NEI IAINU Kebumen Saudari Vima Faradilah. Dilanjutkan pemberian kenang-kenangan berupa batik Kebumen oleh DEKAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen yaitu Bapak Mukhsinun, S.H.I., M.E.I yang ditujukan kepada Pembicara, bupati dan rektor IAINU Kebumen. Selain itu, semua tamu undangan dan pembicara juga kita beri buah tangan yang berupa Produk Minuman Tradisional “Zahrin”. Dilanjutkan pengambilan foro pembicara bersama stakeholder yang hadir. Selanjutnya langsung ke sesi acara Seminar Entrepreneur yang diisi oleh Mr. Syafii Efendi, S.E., M.M. Peserta sangat antusias dan semangat mengikuti seminar ini. Seminar ini berisi tentang Bagaimana Cara Kita Mengubah Mindset kita Menjadi Seorang Wirausahawan. Diakhir acara dilakukan foto bersama dengan seluruh peserta sekaligus panitia Seminar Entrepreneur.

Sharing Time bersama KSEI IAIN Salatiga

Sharing Time adalah kegiatan sharing tentang kepengurusan dan program kerja antara KSEI FOR-NEI IAINU Kebumen dengan KSEI IAIN Salatiga yang diharapkan mampu memberikan solutif dan inovatif kedepannya dan juga bisa membuka cakrawala kita semua tentang ilmu, solusi dan tindakan yang baru. Kegiatan ini terlaksana pada hari sabtu, 20 maret 2021 di kampus IAIN Salatiga. Dan dihadiri segenap BPH KSEI IAIN Salatiga dan BPH KSEI FOR-NEI Kebumen dan juga dari demisioner dan beberapa rombongannya. Kegiatan ini juga dipandu langsung oleh koordinator regional yang sekaligus sebagai demisioner KSEI IAIN Salatiga.

Kegiatan ini diadakan dengan sistem semi formal. konsep kegiatan ini merupakan gabungan konsep dari KSEI FOR-NEI Kebumen dan juga konsep KSEI IAIN Salatiga. Kegiatan ini berisi : yang pertama pembukaan oleh MC dari pihak KSEI IAIN Salatiga, lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan presiden masing-masing KSEI, setelah itu dilanjutkan perkenalan masing-masing KSEI agar suasananya lebih cair dan lebih akrab, lalu dilanjutkan dengan sesi sharing yang dipandu oleh salah satu demisioner dari KSEI FOR-NEI Kebumen, dan dimulai dari penjelasan proker per-divisi dari KSEI IAIN Salatiga dan dilanjutkan sesi tanya jawab, selanjutnya acara pemberian kenang-kenangan lalu penutup.